Kmjmesir.org, Kairo- Departemen Keilmuan KMJ Mesir mengadakan Kajian Nahwu yang dibimbing langsung oleh Ustadz Muhammad Ihsan Jani,  yang sekarang sedang menapaki jenjang terakhir pendidikan strata satu Fakultas Bahasa Arab Universitas al-Azhar Kairo asal Jambi. Pembukaan sekaligus kajian perdana tersebut dilaksanakan di Auditorium DAHA pada Kamis (13/8) pukul 18.00 WLK dan dihadiri oleh kurang lebih 30 peserta. Kajian ini akan diadakan selama satu bulan dengan dua kali pertemuan setiap minggunya.

“ ilmu nahwu adalah ilmu yang harus dikuasai oleh orang yang ingin mendalami syariat Islam. Nahwu adalah kunci untuk bisa memasuki seluruh ilmu yang ada. “ Jawab Muhammad Azizi selaku Koordinator Departemen Keilmuan ketika diwawancarai oleh Tim Media Jambi Mesir (TMJM) terkait apa yang mendasari adanya Kajian Nahwu tersebut.

Warga KMJ menyambut ide tersebut dengan antusias yang tinggi, terutama mahasiswa kedatangan 2019 lalu, mengingat pandemi yang berdampak besar terhadap efektifnya pendidikan di seluruh dunia, termasuk Mesir. Dimana biasanya ada banyak sekali majelis-majelis ilmu yang bisa diakses dengan mudah, namun diberhentikan sementara karena Covid-19 ini.

Sebagaimana yang dituturkan Azzahidi sebagai peserta kajian “Saya rasa ini merupakan program yang sangat perlu diapresiasikan, terlebih dengan adanya kajian nahwu ini kita bisa lebih mengoptimalkan waktu dimana kuliah dan talaqi belum bisa berjalan sebagai mana mestinya”

Besar harapnya agar program ini terus berlanjut sampai akhir tanpa ada halangan berarti, dan agar pandemi lekas pulih, sehingga setiap hal bisa kembali ketempatnya masing-masing. Aamiin.

Reporter TMJM

Kabinet Inklusif