Logo Laskar Siginjai FC KMJ Mesir

KMJMESIR.ORG, KAIRO – Laskar Siginjai adalah nama sebuah tim sepak bola Mahasiswa Jambi yang berada di Mesir. Laskar yang berarti kelompok dan Siginjai bermakna Keris. Dengan harapan sekumpulan orang yang membawa keris ini akan selalu menjadi pemenang.

Pada tahun 2000 nama Laskar Siginjai baru diresmikan. Karena sebelumnya, pada tahun 1990 hanya diberi nama “Tim Bola KMJ” (Keluarga Mahasiswa Jambi). Pendiri Tim Bola KMJ ini adalah Abangda Sarwani, Abangda Ikhsan dkk. Adapun pendiri Laskar Siginjai adalah Abangda Husni, Abangda Syafi’i dan Abangda Erdi. Berkat merekalah inisiatif nama Laskar Siginjai muncul, karena pada masa itu seluruh tim sepak bola di kekeluargaan Masisir (Mahasiswa Indonesia di Mesir) sudah memiliki nama tersendiri untuk timnya. Maka Laskar Siginjai adalah nama yang dirasa pantas untuk melambangkan jagoan-jagoan hebat para pemuda Jambi.

Selama berdirinya, Laskar Siginjai selalu menunjukkan semangat yang luar biasa. Dari mulai kekompakan para anggota, dan kesolidan antar sesama. Hal ini dapat dibuktikan pada prestasi-prestasi gemilang yang telah dicapai. Untuk pertama kalinya Laskar Siginjai mengukir prestasi terbaik pada momentum final Sumatera Cup 2002 Vs KSMR (Kelompok Studi Mahasiswa Riau). Lalu disusul pada kemenangan semi final Sumatera Cup 2015 Vs KMA (Keluarga Mahasiswa Aceh). Pemain terbaik sepanjang masa adalah Abangda Husni Mubarak yang berkali-kali masuk tim nasional Indonesia Masisir dan tim bola Sumatera.

Penyerahan Piala Juara 1 Liga Sumatera Futsal 2018

Prestasi membanggakan yang baru saja diraih oleh Laskar Siginjai pada Oktober 2018 lalu adalah kemenangan Laskar Siginjai dalam event Sumatera Futsal League, tanpa menafikan bahwa ini kali pertama Laskar Siginjai mengangkat tropi Sumatera Futsal League sejak event tersebut diadakan pada tahun 2013 silam. Kemenangan ini tidak luput dari kehadiran seorang pelatih handal yang telah menyabet gelar “Juwarawan” sepak bola dalam berbagai turnamen, beliau H. Muhammad Ulinnuha Nailur Ridlo, Lc. Dipl. atau yang akrab dipanggil dengan sebutan Coach Ulinho. “Dari berbagai pengalamannya, beliau banyak memberi motivasi sekaligus memberi semangat baru untuk Laskar Siginjai.” tutur Saddam Husein yang merupakan direktur Laskar Siginjai 2019.

Tim Laskar Siginjai FC 2019 bersama Coach Ulinho

“Secara keseluruhan saya puas dengan performa para pemain. Mereka benar-benar tampil apik dan termotivasi untuk meraih kemenangan. Mereka semua adalah pahlawan, namun ini hanyalah awal, tentu semangat juara ini harus ditanamkan untuk event berikutnya,” ungkap Coach Ulin yang turut bangga atas kemenangan Laskar Siginjai.

Seperti yang dikatakan Coach Ulin, bahwa kemenangan kemarin adalah awal dari perjuangan untuk menjadi sang juara sesungguhnya. Laskar Siginjai pun semakin mengaumkan taringnya dalan mempersiapkan Sumatera Cup 2019 ini. Berbagai rentetan misi sudah dilaksanakan, diantaranya; Musyawarah Besar setelah kemenangan, National Friendly Match Laskar Siginjai Fc Vs Krakatau FC, Sparing I Pra Sumatra Cup dll.

Wabakdu, penulis mengucapkan selamat dan sukses kepada Laskar Siginjai semoga selalu membawa nama harum KMJ dan Jambi dalam ranah Masisir. Pun ucapan selamat dan sukses teruntuk KSMR sebagai tuan rumah Sumatera Cup 2019 ini. (zulia.m)