KMJMESIR.ORG, Kairo – senin, 23 Desember  2019 – Dept. Keilmuan & Kerohanian Kabinet Bersatu Keluarga Mahasiswa Jambi (KMJ) Mesir menyeleggaarakan Rihlah Ruhiah pada 23 Desember 2019 ke Makam Grand Syekh Al-Azhar ke-40 Syekh Abdul Halim Mahmud (w 1978 M) dan masjid pertama di Benua Afrika masjid Sadat quraisy.

Rihlah di penghujung termin satu ini diikuti tidak kurang dari 30 Warga KMJ, dipandu oleh Ustaz Amirul Mukminin Mahasiswa S-I Universitas Al-Azhar.

Perlawatan dimulai dari jam 10.oo clt mengendarai bus dengan tujuan pertama masjid Abdul Halim Mahmud dimana makam Grand Syekh terletak di sana. Peserta melaksanakan sholat Zuhur di masjid Syekh Abdul Halim Mahmud, lalu ziarah pada Grand Syekh. Jam 14.00 bus kembali bergerak menuju tujuan kedua yaitu masjid pertama di Benua Afrika dan peserta sholat Ashar di masjid tersebut. Pukul 16.00 bus kembali bergerak menuhu titik awal keberangktan hingga tepat jam 17.15 clt bus telah merapat di titik keberangkatan dan peserta rihlah kembali ke kedaiman masing-masing.

Di saat ziarah ustaz Amir (selaku pemandu) memberikan biografi singkat dari syekh Abdul Halim Mahmud yang mana, beliau telah menyelesaikan pendidikannya di Al-Azhar di umur 22 tahun dan melanjutkan pendidikan di Universitas Sorbonne, Perancis dan meraih gelar doktor pada tahun 1940 M. Beliau menjabat sebagai Grand Syekh Al-Azhar dari tahun 1973-1978 M.

Masjid pertama di Benua Afrika yang tentu didirikan oleh Sahabat Nabi SAW Amru bin ‘Ash RA. Masjid ini didirikan setelah pembebasan oleh islam di Mesir, tepatnya di tahun 18 H. Namun masjid mengalami kerusakan parah yang hanya menyisakan Menara masjid dan di bawah kepemimpinan Mushtafa Kasif masjid ini dibangun ulang pada tahun 1002 H.

Semoga perjalanan yang diniatkan dengan baik ini dapat menjadi wasilah kita dalam menyelesaikan ujian termin satu dengan hasil terbaik.

Reportase TMJM

Kabinet Bersatu