Kedatangan guru dari Ustadz Abdul Shomad (UAS) beberapa waktu lalu kenegeri Piramid, yakni Tuan Guru Dr. H. Musthafa Umar, Lc., MA. yang juga merupakan Pimpinan Yayasan Tafaquh, tak disia-siakan begitu saja oleh warga KMJ Mesir. Dengan tujuan mengambil manfaat dari ilmu beliau, KMJ Mesir menggandeng Kelompok Studi Mahasiswa Riau (KSMR) Mesir menggelar seminar umum dengan tajuk “Implementasi Dakwah Azhari di Indonesia & Do’a Bersama untuk Negeri” (21/9/2019).

Bertempat di Auditorium Darul Hasan KMJ Mesir, acara dibuka oleh Mc sdr. Alfian Novianto, dilanjutkan dengan kalam Ilahi oleh Sdr. Ahmad Syakur, kemudian sambutan yang disampaikan Gubernur KMJ sdr. Raden Irwansyah dan Gubernur KSMR Sdr. Anugrah Abiyyu serta selayang pandang perjuangan KMJ oleh Abangda Hamdani Ibrahim.

Acara yang kemudian dimoderatori ustaz Joko Harianto ini berjalan dengan khidmat, hangat dan penuh rasa kekeluargaan. Materi yang disampaikan Dr. Musthafa Umar adalah tentang definisi moderat atau yang masyhur dengan istilah washatiyah atau yang beliau istilahkan dengan tawazun. Apa itu tawazun dan bagaimana memposisikan diri secara tawazun di tengah masyarakat Indonesia saat ini.

Saat sesi pertanyaan dibuka, secara antusias hadirin yang berasal tidak hanya dari warga KMJ dan KSMR mengutarakan penasarannya dalam ragam pertanyaan. Mulai dari pertanyaan yang umum hingga pertanyaan yang menggelitik. Bahkan ada pertanyaan yang lumayan membuat seisi ruangan tertawa adalah permasalahan apakah seorang Azhari yang merokok tetap Azhari?

Satu persatu pertanyaan beliau jawab dengan memuaskan dan menyejukan. Hingga acara ditutup dengan doa bersama untuk negeri, khususnya Provinsi Jambi dan Riau yang kini sedang ditimpa musibah kabut asap.

TMJM 19-20